AS Desak China Tutup Pasokan Minyak ke Korut

By admin, 30/11/2017

AS Desak China Tutup Pasokan Minyak ke Korut

Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB, Nikki Haley (Foto: Financial Tribune)

United Nations  – Duta Besar Amerika Serikat untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Nikki Haley mendesak pemerintah China memotong pasokan minyak ke Korea Utara, Kamis (30/11).

“Jangan salah, jika dalam waktu dekat perang meletus, maka rezim Korea Utara akan benar-benar hancur,” Haley memperingatkan dilansir Reuters, Kamis (30/11)

“Kami tidak pernah ingin perang dengan Korea Utara.Hari ini pun kami masih belum ingin perang. Jika perang terjadi, itu akan karena tindakan agresi lanjutan seperti yang kita saksikan kemarin,” kata Haley kepada Dewan Keamanan PBB mengacu pada peluncuran rudal balistik Pyongyang pada Rabu (29/11).

Uji coba rudal baru antar benua (ICBM) Korea Utara hanya berselang seminnggu setelah Presiden Amerika Serikat, Donald Trump memasukkan nama Korea Utara ke dalam daftar negara yang mensponsori terorisme pada Senin (20/11). Penunjukan itu juga, seminggu setelah Trump kembali dari perjalanan 12 harinya ke Asia.

Penunjukan ini pun dinilai memberikan keleluasaan Gedung Putih menjatuhkan sanksi dan hukuman yang tegas kepada Korea Utara dan orang-orang terkait dan mendukung kampanye tekanan maksimum negara tersebut untuk mengisolasi negara komunis tersebut.

Pejabat intelijen Amerika Serikat yang mengikuti perkembangan di Korea Utara, khawatir langkah Trump bisa menjadi bumerang, mengingat dasar penunjukkan tersebut masih mungkin diperdebatkan.

TAGS : Korea Utara Amerika Serikat Minyak China

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/25559/AS-Desak-China-Tutup-Pasokan-Minyak-ke-Korut/

Share this:

What do you think?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*